Senin, 03 Juni 2013

Bahaya kertas pembungkus gorengan

Makanan gorengan sangat diminati banyak orang, selain murah,mudah didapat, rasanya gurih dan reyah apalagi saat disajikan hangat. gorengan biasanya menggunakan pembungkus kertas.Tampa kita sadari bahaya sedang mengintai kita.  Kertas pembungkus inilah yang berbahaya bagi kesehatan    karena kertas yang berasal dari koran, majalah telah tercampur dengan tinta yang bila terkena panas gorengan akan termigrasi/larut  ke dalam makanan. Kandungan dalam kertas bekas yaitu :
  1. logam berat(timbal) sebagai pewarna yang bersifat karsinogenik, berdampak pada syarat, ginjal dan jantung
  2. Benzopenon sebagai pelarut yang mudah menguap jika didekatkan dengan gorengan yang panas yang berdampak pada sistem endotrim/sistim hormon
  3. Isoprophyl Tiosanton sebagai penstabil yang bersifat labil jika didekatkan dengan gorengan yang panas yang akan  berdampak pada sistim reproduksi. (seperti yang dilansir berita  TV One kabar siang 3 juni 2013).

 Bila tertelan, paparan timbal yang dikonsumsi berulang dalam jangka lama meski dalam jumlah sedikit dapat menyebabkan akumulasi dalam jaringan tubuh, yaitu pada tulang gigi, hingga ke otak dan dapat pula menimbulkan efek pada ginjal, hati, darah, saraf, alat reproduksi dan endokrin dari sistem kekebalan tubuh. ” Tahap awal dari keracunan timbal ditunjukkan dengan kehilangan nafsu makan dan kehilangan berat badan “.

Gorengan yang telah tercemar timbal apabila dimakan dapat menyebaban rasa terbakar pada mulut dan kerongkongan, pengeluaran air liur secara berlebihan, sakit perut disertai rasa mulas yang hebat, muntah, diare dengan tinja berwarna hitam, berdarah, susah buang air besar, merasa kelelahan, gangguan tidur, gelisah, lekas marah, gangguan ginjal, gangguan otak dengan penglihatan, kesemutan, kejang hingga mengalami kelumpuhan. ” Kematian dapat terjadi akibat gagal jantung”


0 komentar:

Poskan Komentar